Jumat, 27 Februari 2015

Gado - Gado



Kata pengantar

Bissmillahirohmanirohim...
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat serta karunia – Nya kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan Karya Ilmiah ini yang alhamdulillah selesai pada tepat waktunya yang berjudul “Gado – gado”.
Karya Ilmiah ini berisikan tentang informasi kebaikan dari mengkonsumsi gado – gado  dan cara pembuatannya. Informasi ini dapat memberikan tentang kebaikan mengkonsumsi gado – gado  dan cara pembuatannya.
Kami menyadari bahwa Karya Ilmiah ini belum sepenuhnya sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan Karya ilmiah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Karya Ilmiah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.




Bandung, 29 Januari 2015


Penyusun :
Fani Herdiani
Latifah Utari Nur R
Rissa Rosdiana
Sabila Gilang R



















Daftar Isi

Kata Pengantar...................................................................................................................                   I
Daftar Isi.............................................................................................................................                  II
Bab 1 Pendahuluan.............................................................................................................                   1.
1.1 Latar belakang..................................................................................................                   1.
1.2 Rumusan masalah............................................................................................                   1.
1.3 Maksud dan tujuan penelitian.........................................................................                       1.
1.4 Metode penelitian............................................................................................                     1.
Bab 2 Pembahasan.............................................................................................................                   2.
2.1 Pembahasan tentang gado – gado...................................................................                      2.
2.2 Sejarah gado – gado.........................................................................................                    2.
2.3 Manfaat dan kandungan nilai gizi dalam gado – gado...................................                2.
2.4 Bahan – bahan dan cara pembuatan gado – gado.........................................               2.
Bab 3 Kesimpulan..............................................................................................................                    6.
3.1 Simpulan..........................................................................................................                   6.
3.2 Saran................................................................................................................                  6.
Daftar Pustaka
























BAB 1
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Makanan adalah sumber kebutuhan pokok manusia. Karena manusia pasti membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Makanan yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan, stabilitas emosional, dan semangat dalam menjalani hidup. Apa lagi makanan dimakan pada saat pagi hari atau bisa disebut dengan sarapan. Sarapan sangat penting dan sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh kita. Sarapan yang paling cocok adalah makanan Gado – gado, karena tidak hanya enak juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

1.2   Rumusan Masalah
Bagaimana sejarah masuknya awal makanan Gado – gado dan perkembangannya.
Bagaimana kandungan gizi makan Gado – gado.
Bagaimana cara pembuatan Gado – gado.

1.3   Maksud dan Tujuan Penelitian
1.       Untuk menginformasikan sejarah awal dari makanan gado – gado dan perkembangannya.
2.       Memberi tahu manfaat dan kandungan nilai gizi yang ada dalam gado – gado.
3.       Bahan bahan dan cara pembuatan gado – gado.

1.4   Metode Penelitian
Observasi dan wawancara pihak – pihak tertentu
Mencari sumber dukungan dari internet























BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Pembahasan Tentang Gado – Gado
            Gado – gado adalah makanan yang berasal dari Jawa yang berupa campuran sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur atau diatasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupu.
            Gado – gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu atau saus kacang, tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang – kadang juga disajikan dengan lontong.

2.2 Sejarah gado-gado
            Gado-gado dalam hampaan sejarah tentang asal muasal gado-gado, kita anggap sajah gado – gado adalah sajian khas betawi. Tidak ada satupun kamus bahasa indonesia yang dapat menjelaskan dari mana asal kata gado-gado, kota hanya dapat memperkirakan asal nama gado-gado orang jawa biasanya memakai nama gado-gado istilah digado untuk makanan yang bisa dimakna tanpa nasi. Sekalipun sering dimakan dengan lontong, memang jarang di makan dengan nasi. Bila dimakan dengan lontong gado-gado memang merupakan “a meal in itself”, bukan lauk di Jawa ada makana disebut gadon karena bisa dimakan tanpa nasi.

2.3 Manfaat dan kandungan nilai gizi dalam gado-gado
            Beberapa ahli kesehatan sudah menyatakan bahwa gado-gado adalah panganan yang sehat ditilik dari unsur pendukung olahannya. Selain itu, beberapa sayuran  juga merupakan sumber bagi vitamin A, D, dan E karitenoid (prekursor vitamin A) serta vitaman C dan E merupakan antioksida alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas, penyebab penuaan dini, dan berbagai penyakit kanker.
            Ternyata makanan tradisional indonesia, seperti halnya gado-gado sangat memenuhi syarat untuk mencukupi kebutuhan mineral, vitamin, antioksida, dan serat yang di butuhkan manusia.

2.4 Bahan-bahan dan cara pembuataan
           
Bahan-bahan

Sayuran
Sayuran-sayuran yang sering digunakan dapat bervariasi, walau sayuran yang biasa digunakan adalah :
·         Sayuran hijau, yang diiris kecil-kecil seperti selada, kunis, bunga kol, kacang panjang  dan tauge
·         Sayuran lainnya seperti wortel dan timun
·         Tomat
·         Kentang rebus yang diiris
·         Telur rebus
Saus kacang
·         Kacang goreng yang dilumatkan
·         Bawang putih
·         Cabai
·         Merica
·         Air jeruk nipis
·         Garam
·         Gula merah
   Terkadang juga ditambah
·         Santan
·         Kecap
·         Terasi
Cara pembuatan :
 Pertama tama sediakan bahan

=





Tahap-tahap pembuatan
1.  2. 3.  4.


. 5.  6. 7.  8.








9.  10. 11.


.

BAB 3
KESIMPULAN

3.1 Simpulan
       Manfaat gado-gado memang sangat bermanfaat bagi zaman sekarang karena makanan ini sangat cocok untuk sarapan selain itu cepat saji dan memiliki beberapa kandungan gizi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini juga bisa menjadi sebagai pengganti nasi karena termasuk makanan padat. Selain itu juga makanan ini cocok untuk program diet karena terdapat sayuran seperti salad.
3.2 Saran
            Menurut kami dalam proses kemasannya dibuat lebih menarik seperti memakai box makanan dan dialamnya dibuat terpisah antara gado – gadonya, bumbu kacangnya, dan topingnya agar jika dibungkus atau memesan jarak jauh gado – gado tersebut tetap segar.

DAFTAR PUSTAKA

Fani, Latifah, Rissa, Sabila. 2015. Jawaban Machmud. Bandung Jl Sutami 67

Tidak ada komentar:

Posting Komentar